Pages

Saturday 10 September 2011

CARA2 bijak mengurus wang

oleh: Wak metal
.Salah satu hal yang terpenting dalam hidup kita adalah mengatur/mengelola wang Anda. Kalau Anda tidak dapat mengatur wang Anda dengan sebaik mungkin, maka Anda seperti meletak anggur pada karong plastik yang berlubang. Dengan kata lain kerja keras Anda dalam mengumpulkan wang akan sia-sia. Apa yang timbul dalam pikiran Anda, ketika ditanya mengenai cara mengatur wang Anda? Berikut ini garis besar mengatur kewangan kita:
1. Mengumpulkan
wang Anda tidak datang dengan sendirinya, melainkan memerlukan usaha yang keras di dalam pekerjaan Anda untuk dapat mengumpulkan wang. Tidak salah kalau Anda mengumpulkan wang Anda dengan usaha Anda sendiri; yang salah adalah ketika Anda menjadikan wang segalanya.
2. Mengeluarkan
Anda harus dapat mengatur wang Anda untuk hal-hal yang terutama. Sering kali pengeluaran lebih banyak dari pemasukan yang Anda terima. Ini sangat tidak sehat. Yang harus Anda lakukan adalah  merencanakan pengeluaran Anda. Aturlah terlebih dahulu hal-hal yang paling penting untuk hidup Anda ataupun keluarga Anda, kemudian baru hal-hal yang lain. Beranikanlah diri Anda untuk berkata tidak terhadap hal-hal yang tidak penting. Pada saat akan membeli barang, pikirkan, ”apakah saya MEMERLUKAN atau MENGINGINKAN barang ini.”
If you would be wealthy, think of saving as well as getting.
Benjamin Franklin
3. Menyimpan
Sering kali untuk menyimpan/menabung adalah suatu hal yang sukar. Namun Anda harus mulai membiasakan diri Anda untuk menabung, karena ini termasuk salah satu kunci supaya Anda dapat mengatur wang Anda dengan baik. Tabung 10% dari pendapatan Anda untuk masa depan dan keperluan mendesak.
4. Laburkan
Kalau Anda mempunyai simpanan yang cukup banyak, maka Anda dapat melaburkan wang Anda. Untuk pelaburan ini, minta nasihat dahulu dengan pakar pelaburan mengenai yang akan Anda hadapi pada saat Anda melaburkan wang Anda. Sebuah pelaburan yang perlu dilakukan adalah  dalam bentuk tanah atau rumah, karena hal ini merupakan salah satu keperluan kita yang harganya akan terus naik.
5. Memberikan
Kunci terakhir dalam mengatur wang Anda adalah memberi! Mungkin Anda akan berpikir apakah memberi termasuk dalam mengatur wang? Saya kata Ya! Kenapa? Karena pada saat Anda memberi kepada orang-orang yang memerlukan, maka Anda sedang melaburkan wang Anda bagi masa depan mereka. Sering kali kehidupan ini diukur dengan apa yang kita miliki, tetapi saya mau mengajak Anda untuk mengubah paradigma Anda: PERKAYA DIRI ANDA DENGAN APA YANG TELAH ANDA BERIKAN BAGI KEHIDUPAN DAN KESEJAHTERAAN ORANG LAIN,BUKAN APA YANG TELAH ANDA DAPATKAN. Sekian....

No comments:

Post a Comment